021-7244630 yayasanpiai@gmail.com

INFO KEGIATAN RAMADHAN 1442 H MASJID JAMI’ AL-IHSAN JL. KERINCI KEBAYORAN BARU

“Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk(QS. At-Taubah: 18)

Di hadapan Allah, keindahan masjid dipandang dari sisi kemakmurannya, yakni kegiatan ibadah dan kegiatan sosial yang dilakukan oleh orang-orang yang beriman di dalamnya. Pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, kegiatan-kegiatan yang dilakukan di dalam masjid dibatasi dan harus mengikuti prokes Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan kajian secara ilmiah dan syar’iyyah.

Demi memakmurkan Masjid Jami’ Al-Ihsan di bulan Ramadhan 1442 H dengan tetap mengikuti prokes Covid-19, Pengurus mengadakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  1. Shalat Berjamaah 5 waktu. Secara umum masjid dibuka 15 menit sebelum masuk waktu shalat, dan ditutup 30 menit sesudah selesai shalat berjamaah, kecuali sesudah Maghrib sampai Isya’ dan sesudah Isya’ sampai jam 21:00 WIB.
  2. Memberikan Buka Puasa kepada para musafir dan jamah Maghrib sesuai dengan kapasitas tempat yang tersedia, yaitu kurang dari 150 orang. Teknis pemberian makanan akan diatur sedemikian rupa mengikuti protocol Covid-19.
  3. Shalat Taraweh diadakan setiap malam sesuai dengan kapasitas ruangan, yaitu lantai atas 110 jamaah dan lantai bawah 140 jamaah. Shalat dan Ceramah dilaksanakan dalam durasi yang tidak terlalu lama.
  4. Kuliah Zuhur (7 menit) sesudah shalat pada hari Senin sampai Jum’at.
  5. Penerimaan Zakat/Infak/Sedekah/Fidyah akan berjalan seperti biasa. Petugas siaga dengan prokes Covid-19.
  6. Shalat Idul Fitri diadakan di lapangan dengan penerapan prokes Covid-19.

Pengurus Masjid Jami’ Al-Ihsan