021-7244630 yayasanpiai@gmail.com

Masjid Jami’ Al-Ihsan Jalan Kerinci X No. 8 Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada hari Jum’at 23 Februari 2018 memberikan makan siang gratis kepada jamaahya. Kegiatan ini merupakan inovasi dan terobosan untuk menggalang kebersamaan antara Masjid dengan Jamaahnya. Makanan sengaja dipesan dari para pedagang yang setiap hari berjualan di depan masjid dan dipesan dari jamaah yang aktif memakmurkan masjid dalam berjamaah. Ini dimaksudkan untuk memberdayakan anggota jamaah dan sekaligus peduli kepada jamaah.

Dalam pengantar yang disampaikan bersamaan dengan pengumuman sebelum shalat Jum’at, Pengurus menjelaskan bahwa makan siang gratis ini merupakan bagian dari upaya untuk menggalang kebersamaan para jamaah. Makanan yang disiapkan berasal dari jamaah dan untuk jamaah, tidak ada embel-embel lain. Pemberian makan hari ini adalah masih dalam uji teknis yang in sya Allah nanti akan dilanjutkan pada bulan berikutnya. Siapa saja diharapkan bisa ikut berpartisipasi dan ambil bagian, sialakan yang mau andil kasih 10 bungkus boleh, 20 bungkus boleh, seratus bungkus Alhamdulillah.

Mengingat persediaan terbatas, maka teknis pembagian diatur menggunakan kupon. Jamaah yang datang lebih awal ditawari kupon makanan oleh petugas, dan kupon nanti sesudah shalat Jum’at ditukarkan makanan di taman yang sudah disiapkan oleh petugas. Ada beberapa macam pilihan, yaitu nasi ayam bakar, nasi rames, ketoprak, gado-gado dan buah-buahan (rujak). Air meneral telah disediakan di depan masjid Al-Ihsan untuk 24 jam, jamaah bebas meminumnya.

Alhmadulullah bagi-bagi makan siang gratis ini berjalan sangat bagus. Jamaah tertib antri menyerahkan kupon untuk ditukar dengan makanan. Para jamaah nampak menikmati makanan sambil duduk di taman. Beberapa orang memberikan apresiasi kegiatan bagi makan gratis ini dan mengambil gambar dengan HP-nya. Penulis mencoba bertanya kepada seorang jamaah yang melihat kegitan ini sampai habis, dia menjawab: “Ini benar-benar sangat bermanfaat dan menyenangkan jamaah.”