021-7244630 yayasanpiai@gmail.com

kegiatan-tahun-baru-islam-1156-x-533

SYIAR TAHUN BARU ISLAM 1438 H
ADALAH MOMENTUM KESADARAN BERAMAL SHALEH

Peringatan Tahun Baru Islam 1438 H tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini umat Islam yang biasanya sibuk dengan simbolisasi Islam, disibukkan urusan politik dukung mendukung calan kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada secara serentak tahun 2017. Semarak Tahun Baru Islam praktis hilang dan diganti dengan kegaduhan politisasi agama dan pembohongan/penipuan berkedok agama. Di samping itu, Saudi Arabia sendiri yang dahulu anti tahun Masehi, sekarang sudah menggunakan Tahun Masehi secara resmi.

Dalam suasana yang sepi tapi gaduh ini, Alhamdulillah Masjid Jami’ Al Ihsan tetap konsisten menganggungkan Syiar Islam, di mana Tahun Baru 1438 H adalah bagian dari syiar Islam yang harus tetap dijaga semangat dan makanya. Walaupun dilakukan dengan sangat sederhana, toh maknanya sungguh sangat luar biasa dan dirasakan oleh masyarakat. Kali ini peringatan Tahun Baru 1438 Hijriyah diisi dengan kegiatan ceramah motiovasi oleh Ust. H. Saifuddin Aman dan santunan anak yatim. Hampir seratus anak yatim diberikan santunan yang dihadiri oleh Wakil Camat Kebayoran Baru dan beberapa tokoh masyarakat. Tidak kurang dari 8 orang dermawan ikut berdiri mendampingi Ketua Masjid Jami’ Al-Ihsan HM. Pian Tandjoeng memberikan santunan kepada anak-anak yatim.

Dan Berikut inilah sambutan Ketua Masjid Jami’ Al-Ihsan Yayasan Pendidikan Islam Amal Ihsan HM. Pian Tandjoeng.

Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillahi robbil alamin. Washsholatu wassalamu ala asyrofil anbiyai wal mursalin, sayyidina muhammadin wa ala alihi washahbihi ajmain. Amma ba’du.

Alhamdulillah, puji syukur yang sebanya-banyaknya kita haturkan kepada Allah atas segala rahmat, taufiq dan hidayah-Nya. Shalawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarganya dan sahabat-sahabatnya semua.

Pagi ini kita hadir di Masjid Al-Ihsan Kerinci dalam suasana penuh suka cita untuk mensyiarkan dan menggemakan Tahun Baru Islam 1438 H. Mensyiarkan Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah berarti menjadikan bulan Muharram awal tahun sebagai momentum penting untuk membuka buku baru dan mengisinya dengan berbagai amal shaleh, memulai aktivitas baru dengan aksi nyata yang bermanfaat bagi masyarakat. Dan karena itulah, maka kita adakan Pengajian dan Santunan Anak Yatim di Masjid Al-Ihsan sekarang ini.

Bagi kita, diadakannya kegiatan semacam ini bukanlah semata-mata sebuah acara seremonial. Lebih dari itu, kegiatan ini mengandung makna yang lebih dalam. Melalui kegiatan ini kita tingkatkan kualitas keimanan dan keagamaan kita, kita wujudkan rasa kasing sayang terhadap sesama, kita bangun kebersamaan, dan kita buktikan kepedulian kita kepada anak-anak yang kurang beruntung. Inilah yang menjadi pondasi terciptanya kesejahteraan, kedamaian dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Khusus kepada anak-anak dan adik-adik sekalian, kami pesankan, jadikan momentum tahun baru ini untuk membangun semangat demi mewujudkan harapan masa depan kalian. Hari ini dan beberapa tahun kemudian, adalah masa-masa di mana kalian harus belajar dengan penuh ketekunan. Sebab masa depan kalian tergantung pada apa yang kalian usahakan. Teruslah berusaha jangan menyerah. Percayalah bahwa di setiap kesulitan pasti ada kemudian, di setiap tujuan pasti ada jalan.

Akhirnya kepada semua fihak yang ikut membantu terlaksananya kegiatan ini kami ucapkan terima kasih, dan mohon maaf atas segala kesalahan. Billahit taufiq wal hidayah. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarkatuh.